NERS

Halooo semuanya selamat hari selasa, di suasana yang mendung tapi tidak hujan tapi ya dingin duhh apasihh.. ya pokoknya dalam suasana yang dingin bikin mager ini daripada kalian pada guling2 skrollin time line nungguin di notice sama idola atau sama doi hiyaa mendingan baca tulisan receh eke yang yah sedikit berfaedah buat pelajaran di kehidupan yang fana ini... assekk


Oke langsung ajah kita mulaiii, pada kesempatan yang luarbiasa ini izinkan gw sharing  tentang supil kisan kehidupan gw di masa-masa NERS (ni kata-kata gw udah kayak motivator di pembukaan seminar aja btw wkwkkw), yaudin lanjut jadi NERS itu sebutan buat mahasiswa yang sudah menyelsaikan pendidikan profesi keperawatan gaes dan gw adalah salah satu dari ratusan ribu yang udah namatin itu bangga dong gw, yahh buat sobat NERS yang budiman sejawat senasib sepenanggungan yang kebetulan lagi baca angkat tangan kalian kita tosss dulu dong, kita adalah pemenang teman-teman kita harus bangga dengan profesi kita, kita harus junjung tinggi profesi kita dimanapun kita berada.. kok gw jadi kebanyakan orasi gini sihh herann

Pendidikan NERS itu setahun atau 2 semester lebih tepatnya, iya Cuma 2 semester kokk.. Cuma?????? Anda tidak tau bagaimana bahagianya dalam menjalani 2 semester itu teman-teman sungguh luar biasa. Dulu pas baru awal-awal masuk ners tuh tiap ketemu temen-temen gw yang kita bahas adalah “kapan deh kita lulus ners”, dan untuk sepersekian detik kita pandang-pandangan terus ngakak “baru seminggu yang lalu kita masuk coy” hahhahaha percayalah sebegitu rindunya kita sama wisuda, demiiiiiii....

Ners itu kalo gak dinikmati ya berasa hidup kita NGENES men, tapi percayalah kalo kita ngejalaninnya iklas dan tulus banyak banget ilmu yang kita dapet percaya deh ama gw.. ehh jangan deng entr nambah rukun iman bahayaa, ya kalo lu pada pengen tau silahkan mendaftarkan diri jadi mahasiswa ners udah gitu aja selesaiii

Singkat cerita, dulu gw satu angkatan ada 19 orang di bagi 2 kelompok kebetulan kelompok gw dapet yang 10 orang alhamdulilah yah dapat 10 orang, dan alhamdullilah itu berganti jadi astagfirullah karna 10 orang itu gak lebih baik dari yang 9 orang hahhah monmaap men rumput tetangga emng keliatan lebih hijau.. tapi itu adalah fakta yang harus kita ungkap bersama dibalik keceriaan kita di depan kamera.

Sebenernya gak seancur itu, tapi ya ancur hahhahah ya gitulah pokoknya. Tapi percayalah temen-temen selama setahun kita bareng-bareng menjalani keras dan pahit manisnya kehidupan per ngener-san ini gw gak pernah nyesel sekelompok sama kalian, kalo di suruh pilih bersembilan atau bersepuluh ya gw bakal milih bersembilan itu wkwkkwk candaaa men piss, gw bakal tetep milih kita yang bersepuluh dong, sini eke peluk dulu atuk-atuk

Ners itu emng menguras energi,emosi dan air mata, selain kita dinas kita juga harus nyelsain tugas individu kelompok dan harus bimbingan sama pembimbing lapangan tempat kita dinas juga dosen, setiap kita masuk stase atau setiap minggu kita wajib ngumpulin LP,LK,(laporan pendahuluan dan laporan kasus) untuk tugas individu per minggu kita dinas, inget!!!!! Perminggu lu itung sendiri kalo satu stase itu ada 3-4 minggu huhu kriting-kriting dan tu jari, dulu triknya gw  nyiapin banyak hansaplast buat diiketin di jari biar gak kapalan hahhaha karna seringnya nulis

Oke lanjuttt nah LP ini kita buat berdasarkan setase yang kita masukin tapi biasanya di sesuain sama penyakit yang ada di bangsal kita dinas nanti biar match sama LK kita, tapi kalo lagi apes kita udah buat LP se perfect se indah tulisan yang bisa kita buat pas dateng ke bangsal pasiennya udah balik dan itu kita harus buat baru, dan lu tau itu rasanyaaaaa sakittttttt tapi tydac berdarahhh gw merasa berdosa sama jari-jari gw yang semalaman nulis amp keriting abis kopi segelas biar tetep melekkkkk. (btw LP dan LK itu tulis tangan yakkk jan mimpi buat di ketikkkkkk) kalo LK itu laporan kasus dimana selama kita dinas kita harus cari 1 pasien untuk kita beri asuhan selama 3 hari rawatan, ya bukanya yang full kita yang ngasi asuhan kagakkkk yang sebisa kita aja karna kita kan masi mahasiswa men ada batasan-batasannya juga. Nahhh LK ini  kalo belum genap 3 hari terus pasiennya udah pulang ya kita harus ganti pasien dan kita hempas manja itu LK pertama yang kita udah buat dengan penuh cintaaaaa dan kita tulis lagi yang baruuu sakitttttt gak sihhhh, itu yang kita rasakan 

Dan itu harus kudu wajib bimbingan sama dosen kampus dan pembimbing lapangan, karna kita jadwal dinasnya beda-beda yak ada yang pagi sore malem.. jadi kita bimbingan sama dosen di sesuain gitu misal yang dinas pagi bimbingan kekampusnya siang dan sebaliknya..
Tapi seperti yang gw bilang kelompok gw itu emng paling santuy sedunia, udah tau jadwal bimbingan aturan ya langsung aja yak nemuin dosennya gitu kan kita bukan anak esdeh lagi yang apa-apa nunggu di suruh, tapi ya faktanya kalo dosennya gak ada nyuruh bimbingan kita mah gak ada yang mau ke kampus gitu hahahhahah merasa diatas awan kita mah... 

Sebab itulah dosen kami tercinta suka ngasi surprise dg tiba-tiba datang ke tempat dinas kita gak ngasih tau (ya namanya juga surprise bambank), kita nyebutnya SIDAK hahha sumpah itu seru bangedd seketika kita mengeluarkan jurus seribu bayangan kalo lagi hoki tapi kalo lagi apes yan kita ngeluarin jurus seribu alasan wkwkkkwkw, sumpah itu jantung detaknya udah gak santai lagi temen-temen apalagi kalo laporan kita belum siap yah mending belom siap kadang malah belum di kerjain wkwkkw, berasa mati gw hari ini. Dan kalo udah gitu palingan di hadapan beliau kita nunduk terus bilang iya sambil menebar senyum menawan dan berjuta-juta alasan wkwkkw, tapi dosen-dosen kita mah baik dong paling kita di nasehatin terus di kasi waktu buat nyelsain tugas kita, bapak ibuk kita sayang banget loh sama bapak dan ibukk beneran ^_^.....

Btw gw inget banget ada kejadian yang gak pantes banget buat ditiru, jadi setiap stase kita ada grup chat gini misalnya skrng lg masuk stase KMB nah kita ada grup khusus KMB, terus stase ANAK ya kita ada grup stase ANAK begitu dan disana kita ada ketua yang bertanggung jawab distase itu yang notabene 1 diantara kita sendiri sama dosen yang bertanggung jawab di stase tersebut, nah pada suatu ketika karna sudah mau masuk stase baru kita diwajibkan untuk melapor ke pihak lapangan yang sebelumnya pihak kampus  udah melapor tapi mahasiswanya juga diwajibkan untuk melapor nah pada hari itu dosen kita ngingetin dong kayak kalian udah melapor belum buat dinas hari senin dan lu tau kita yang ada di grup itu gak ada yang jawab, kita tuh baca Cuma kita gak ada yang balas sebegitu kurang ajarnya yaallah bener-bener dehh kita ngacangin beliau sampe 1 jam lebih men. Parah bangetttt

Sampe dosen gw bilang gini “saya bisa liat ya kalian semua udah baca pesan saya tapi gak ada satupun yang mau balas, apa gunanya buat grup” dan disitu kita baru sadar sebego dan segagap itukah kita sama teknologi hahahha kan pesan di grup bisa di cek ya siapa-siapa aja yang udah liat wkkwkwkwk dan dengan begonya kita baca terus ngilng gitu aja sok-sok mengabaikan tapi ketahuan men sumpahhh sejak itu kita gak pernah berani lagi buat nglakuiin hal itu dan kita rame-rame langsung minta maaf dong sama ibunya.. kalo inget kelakuan gw pas itu pengen ngakak tapi juga pengen menghujat diri sendiri kurang ajar bangettt sih gw

Next untuk tugas kelompok biasanya ada penyuluhan sama seminar kasus, tapi tergantung stase juga sih itu ini gw ambil yang dinas secara umumnya aja  yakk, biar lupada yang baca kaga engapp sama tugas kiteee. Disinilah kekompakan kita sebagai anggota kelompok diuji seperti yang gw bilang karna dinas kita tu satu kelompok gak dalam satu waktu kan jadi rada susah buat yang namanya kerja kelompok di tambah tugas individu juga udah seabrek terus kita abis dinas udah capek sampe kosan baju kotor numpuk kamar berantakan piring belom di cuci makanan g ada air mateeee lengkappppp ehhh ada pemberitahuan di grup suruh kerja kelompok yang ada emosiiiiii jiwaaa

Dulu siapa yang ngajakin kerja kelompok auto di benci seluruh anggota grup wkkwkkw kita pen banget bilang “woyyyy tau gak sihhh gw tu capekkkk, gw mau tidur lu dateng-dateng ngomongin tugas kelompok, kirim rekening lu ge transferin dolarrr” hiyaa gak gitu sihh
Karna tugas kelompok itu harus konsul ke banyak pihak men gak Cuma dosen sama pembimbing lapangan kita, kita tu harus konsul juga sama ruangan tempat kita dinas juga ke bagian promkes ya baik rumah sakit atau puskesmas tempat kita dinas itu kalo untuk penyuluhan, beda lagi kalo seminar kasus.. pokoknya riwehh lah dan itu yang jadi masalah selain pada males ngerjain tugas emang wkwkwk

Meskipun akhirnya pada di kerjain sih tapi mesti ada baku hantam dulu lah gak afdol rasanya kalo langsung pada bilang “ayo gaes kita kerjain” aduhhh kiamat duniaa men, ya ada tetep dari 10 manusia itu yang bilang gitu dan harus menerima konsekuensi doi bakal di hujat masa hahhah sampe suatu waktu karna kita udah pada dongkol dan udah gak bisa nahan amarah lagi kita adain konferensi duduk melingkar hiyaaa 

Lanjut... untuk mengevaluasi kebobrokan di kelompok kita akhirnya kita adain rapat karna udah parah banget sih kayak tugas kelompok keteteran, hasilnya gak maksimal, terus anggota ada yang gak ngumpulin tugas kelompoknya kita bahas secara lugas dan tuntas kita keluarin semua unek-unek kita masing-masing... dan dari situ lumayan pada sadar sikk kalo tugas kelompok itu juga sama wajibnya kayak tugas individu malah justru lebih besar tanggung jawabnya karna yang dilihat kan kita bersepuluh bukan kita per orang

Semenjak dari situ kita terus mengevaluasi diri sih, kalo ada masalah setidaknya kita harus kumpul dan di bicarain bareng-bareng sampe nemuin jalan keluarnya ya meskipun ada yang sering g datang rapat, kita maklumin karna doi pemegang saham terbesar kita yang sekarang udah jadi papa btw wkwkkwkk selamet loh bang ngebuttt banget dah lu hahhah tapi bagus itu baru namanya laki-laki berani menikahi.. mantap jiwaaaa 

Begitulah kurang lebih kehidupan ners temen-temen, ibaratnya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian intinya ngajarin kita bersyukur, bersyukur kita sehat baik mental maupun fisik bersyukur kita masih di sayang sama orang-orang di sekitar kita masih di peduliin masih punya orang tua yang lengkap bersyukur kita bisa makan dan tidur dengan nyaman gak ngerasain sakit kita jadi belajar banyak banget makna kehidupan belajar tulus dan iklas ngejalanin profesi kita.

Gw ngerasain banget tuh pas lagi capek-capeknya dinas ngerjain tugas terus ada pasien sama keluarganya yang bilang “terimakasih ya dek” atau “terimakasih ya bu” sambil senyum sumpah itu rasa capek gw langsung lunturrrr menn akhhh nyess banget rasanya kayakk yaallah ternyata hal kecil yang gw lakuin itu berarti banget buat mereka awww hampir berkaca-kaca dong gw saking harunya huhu

Oke cukup sekian cerita seupil kehidupan perngeners-an gw, buat para ners yang baca tolong tinggalin komentar apakah kehidupan perngener-an kalian ada yang sama seperti ini atau lebih wawww lageee gw tunggu komennya 
byeee






Komentar

  1. no comment 😆😆😆
    rasanya masi jetlag padahal udah setaun lebih selesai nge-ners,
    buat adek2 nge-ners diluar sana, jagalah persahabatan kalian yaa..nilai bukan lah segalanyaa, jan dicontoh yg buruk2 😅😅😅

    BalasHapus
  2. Hahaha gw yg nulis aja capeknya dinas dan nugas masi kerasa nun. 😂😂😂 kelompok kita tu tiada duanya till the end. Tau kan mksd eke nuna 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer