first time



Haloo haloo ikonic junior balik lagi nih, pada kesempatan yang berharga ini aku mau berbagi pengalaman, perjuangan dan rasa syukur ciehhhh. Gimana uda kaya motivator gitu belom nih bahasa ekee

Okee langsung aja,
Aku pernah nonton video salah satu yutuber tentang gimana dia berjuang keras mati-matian untuk bisa kuliah di luar negeri sampe suatu hari dia di kasi tau kalo dia lulus di sebuah kampus yang sangat2 dia impikan sejak dia kecil tapi sayang banget kampus itu gak bisa ngasi biaya full, frustasi pasti bangettt karna katanya hasil gak akan menghianati usaha, tapi kok dengan usaha yang sudah di lakuin dia masih di hianati oleh hasil? Dan katanya banyak jalan menuju Roma dia udah menjani semua jalan-jalan rumit susah sesusah-susahnya tapi apa ini?

Pikir deh gimana kalau jangan-jangan, roma yang kita tuju bukanlah roma yang allah sediakan buat kita?

Inilah awal kisahku


Aku tamat kuliah profesi di usia seperempat abad, hemm udah tua ya? Iya emng, kenapa sih dulu bapak sama ibuk gak masukin aku sekolah lebih awal, kan aturan aku tamatnya masih muda.. atau di tahan gitu nglahirin akunya mak amp awal tahun lah minimal wkwkwk jadi g tua-tua amat pas sekolah

Lulus kuliah, impian semua orang ya langsung keterima kerja dong..
Pas buat CV baru deh mikir  gak ada pengalaman kerja, magang, prestasi, apalagi organisasi. Adanya Cuma pelatihan sebijik doang di tambah seminar dan workshop, pernah sih ikut karate Cuma 4 bulanan doang kayaknya, dan sekali kenaikan sabuk.. masa mau tak masukin CV yakali di tanya jurus juga udah lupa eke

Organisasi ada sih tapi ya sekali datang doang deh kayaknya, bisa kali ya di masukin CV hahhah 
Kalo di pikir lagi, apa coba kerjaan gw dulu pas kuliah kupu-kupu doang, nyeselnya pas udah lulus gini CV nya jadi kosong mlompong

Dengan segala kekurangan itu gw memberanikan  diri untuk nglamar kerja, dengan umur yang sudah tua,belum ada pengalaman kerja,gak punya prestasi. Modalnya ya mulai aja dulu pake bismillah, toh kalo rezeki gak kemana yakan

Mulai nyebar lamaran kerja di rumah sakit di provinsiku, cetek banget yah hahah. Percayalah gw tu pengen banget kerja di rumah sakit di provinsi karna udah terbiasa sama kehidupan di sana yang udah ngrasa cocok gitu istilahnya. Gw nyebar di 4 rumah sakit yang lumayan besar.. seminggu blom ada panggilan dua minggu sampe sebulan.. yahh gak lolos nih pikir we

Oke plan B, gw mulai menurunkan standar, dan apply ke rumah sakit yang ada di kabupaten, gw apply di 5 rumah sakit. Seminggu blom ada panggilan sampe 3 minggu yaallah masak segitu gak kompetennya deh , sampe gak ada yang manggil minimal sampe wawancara kek, mental we mulai down...

Eitss... pas lagi down ada info dong dari grup alumni kampus NS bukaaa omg, satu pintu ketutup puluhan pintu kebuka nicee, NS itu salah satu impian gw bisa mengabdi 2 tahun di daerah terpencil dan gajinya besar pasti hhah.. nggak deng ikut itu salah satunya biar bisa berguna buat orang lain klise ya? Tapi emang pengennya gitu, karna selama 25 tahun  hidup rasanya gw belum seberguna itu buat orang banyak


Semangat banget dong, pas baca harus punya kartu jaminan kesehatan.. jeng ... jeng  
seumur hidup gw sakit banyar rumah sakitnya selalu indipenden huhu, buat kartu jaminan kesehatan kan  gak cukup seminggu sampe keluar kartunya, sementara batas waktun pendaftaran  gak ada seminggu. Apaan lagiiii dah niii
Tapi terlalu cemen buat nyerah sekarang, gak pikir panjang besoknya langsung meluncur ke kantor buat urus kartu jaminan  kesehatan, dannnnn benerr mbknya bilang gini

“saya sudah input datanya ya mbk, untuk pembayaran pertama dan keluar kartunya di tunggu selama dua minggu”

Whatttt? Gakkk bisa jadi sehari jadi yak huhu Terus dengan muka melas gw bilang dong

“mbakk saya butuh banget kartunya, gak bisa lebih cepet ya?
“ummm, kalo boleh saya tau ini untuk keperluan apa ya mbk?
“saya mau daftar NS mbk, tutupnya tinggal 2 hari lagi saya butuhh bangettt mbk tolong”
“yaudah gini aja mbknya download aplikasi jaminan ksehatannya, nanti masukin nomer ini yah, trus di SS aja. Sejauh ini kami Cuma bisa bantu sampe situ mbk”

Duhh mbk nya sambil senyum dan lemah lebut dong jelasinnya, aku inget banget nama doi mbk ade... mbk ade makasih banyakkkkk

Gak pikir panjang langsung aja eke donlod itu aplkasi, dannnn bisaaaa... aaa bisaaa, tapi kok? Pembayaran di tangguhkan tulisannya merah lagi. Hahhaha jangannn becanda dong, masa eke dftr NS kartu jaminannya ada tulisan begitu, apalagi dahhh

Tapi ya pede aja eke dftr, ya kalo rezeki gw  pasti dapet dah. Cas cis cus dftr selesai tinggal nunggu pengumuman

Seminggu berlalu temen gw tflon
“nok, uda buka website NS belum? Udah kluar pengumuman tuhh, eke jadi peserta cadangan doang nok sial”

Dag dig dug dierrrrr, itu bocah yang punya banyak prestasi sama pengalaman kerja aja peserta cadangan gimana gw dah, dan sialnya lagi paket reguler gw abis dong agrhhhh timingnya gak pas banget sih nihh, masa nunggu midnight keburu mati penasaran dong.
Tapi ya mau gimana lagi, emng kere tunjangan orang tua belum turunn wkwkwk

Akhirnya dengan bismillah gw buka webnya, kata pertama yang gw baca adalah. “Selamat” senyum dong gw, lanjutannya “Anda Menjadi Peserta Cadangan” langsung flat dah tuh
Kenapa di bilang selamat segala pak buk, bilang aja coba gelombang berikutnya.. dengan bilang selamat itu lebih menyakitnyan, sakitttttttt the point aja napa dahh

Gagal lagi dong gw, oke gak masalah.. mencoba menguatkan diri yah mungkin ggra kartu jaminan kesehatan gw ada tulisan merahnya atau essai gw kurang cucok atau gw dftrnya kelamaan keburu keisi ama yg lain atau kuota buat profesi gw emng overload yakan.. mencoba berfikir positif aja
coba lagi gelombang berikutnya kalo jodoh pasti di pertemukan assekkkk....

Beberapa hari setelah kegagalan eke di NS ini, pas lagi klayapan cari udara pedesaaan yang sungguh segar sama asappp kehidupan... ada telfon masuk, nomernya gak di kenall paling maless sihh jawabin yang beginii, tapi pikir positif dong eke yah mana tau dari rumah sakit yang eke lamarrr... sahhhh gw angkat

“halo” kata doi
“dengan mbk J.. kami dari RS ... mengundang mbk untuk tes tertulis di RS kami SENIN jam 8 pagi”

Wawwww, pintu roma yang lain lagi nihhhh, girang banget dong aku sambil tutup mulut tydac percaya...

“caaaaa aku senin tes tulis di RS” kebetulan pas itu kami lagi di tempat pengiriman barang nganterin si cha temen ku, ambil titipan barang sodaranya

“alhamdulilah yak sis, akhirnya ada juga yang panggil elu” si cha nyengirrrr

Okee sampe akhirnya waktu tes, soalnya mah gak susah kayak ukom lah ya... tapi yang jadi masalah kan gw ukom udah 6 bulan lalu menn wkwwkk, semaleman malah eke belajarnya yang susah-susah sok bangettt eke tuh emang.. hadeee 

Tapi ya do my best aja karna prinsip eke, apapun itu nglakuinnya jangan setengah-setengah lakuin yang terbaik yang kamu bisa karna allah sudah teramat baik ngasi kesempatan buat lu

Siap ngisi soal pada sharing dong sama HRD nya, dan ternyata yang ikut tess punya pengalaman kerja semua cuyyyy, Cuma gw satu-satunya yang kayak kambing congek gak ada pengalaman kerja... yahhhh, udinlahh gausa berharap banyakk kalo rezeki besok pasti besok di telfon buat interview

Besoknya beneran di telfon buat interview, tingkat pede gw naik dong. Dan ya emang yang tes kemarin di panggil buat interview semua  hahhahaah karna emng gak banyak kami ber 6 doang.

Dag dig dung nihhh, udah lama banget terakhir kali model-model interview kek begini kan pas skripsiii itu juga udah 2 taon laluu...

Gw buka pintu sambil baca bismillah, dan ucap salammm. Inget attitude is number one guys
“assalamualaikum” sapa eke sambil senyum, ada ibu-ibu sama mas-mas lagi duduk baca resume

“waalaikum salam, silahkan duduk “

Cas cis cus selesai wawancara

Wawancaranya berjalan lancar i think, hahha
Gw keluar ruangan, bukanya lega malah jadi mikir puluhan kali, bener gak sih ini yang gw pengen, kayak gak match aja sama hati.ya pokoknya hati gw bilang kayaknya bukan ini deh yang lu pengen Padahal ini tuh salah satu RS yang pernah gw masukin list, dan gw idamkan gitu.

Dulu pas baru siap kuliah dan belum wisuda gw pernah nganter temen dong, anter lamaran kesini dan pas itu gedek banget, karna gw gak bisa nglamar kan terus salam hati gw bilang “awass ya, gw bakal jadi satu dari puluhan karyawan disini ntr liat aja” 

Dannn udah lebih dari seminggu siap wawancara belom ada panggilan juga, anehnya justru gw seneng, karna kalo sampe ada telfon dan di bilang keterima jadi galau dong ekee niat hati udah merelakan gituu, walaupun perihhh elahhh pedean amat kayak keterima aja lu kan cuma serpihan bulu angsa doang huhu

Sekitar tiga minggu ada telfon, nomer nya gak di kenal lagi
“halo, dengan mbk J. SELAMAT ANDA DI TERIMA DI RS ....”

Gw setengah melongok, kek orang dongok. Pas acara penelfonan nan dramatis itu gw lagi makan mie ayam btw di alun-alun kotaa gitu hiyaa sama kiki, best partner eke dalam pencarian kerja wkwkwk 
i luv u kiki nanti kita muter-muter lagi yakkk apply kerja wkwkw

“kiii, gw di telfon HRD keterima katanya, suru dateng ntr nyerahin berkas”
“haa? Seriuss? Terus mau ambil?” kata doi
“ummmm, enggak deh kayaknya. Gak match nih ati eke”
“ya terserah sih, semoga dapet ganti yang lebih baik yakk”

Karna gw yang gak kunjung dateng, di tlfon lagi kali ini mas-mas HRD, tanya kenapa gak dateng lagi sakit ya katanya.. duhhh makin g tega eke bilangnya. Tapi ini harus kita selsaikan sekarang juga harus kita perjelas agar masnya juga puass. Akhirnya  dengan berat hati eke bilang tak bisa lanjut monmaap mas, mungkin jodoh kita cukup sampe di siniii.. deeeehhh apasihh, gak gitu yak bilangnya. Ya intinya bilang aja gak bisa lanjut gitu

Setelah melepaskan doi, rasanya emng nyesekkk. Ini pertama kalinya apply lamaran gw tes terus gw wawancara dan akhirnya di terima. Ini semua bener-bener pengalaman pertama gw gitu. Mungkin lu pada bakal bilang elahhhh gitu doang, tapi ini tuh berarti banget buat gw
Dan mungkin emng bener kata mas yutuber itu, mungkin roma yang kita tuju bukanlah roma yang di siapin allah buat kita men.

Gw sih bersyukur dengan semua pengalaman itu, dan gak pernah nyesel sama semua yang terjadi..percaya aja allah gak tidur, selagi kita tetep berusaha dan berdoa pasti ada jalan yang bakal kebuka tetep semangat dan happy lah yakk

Dan segini aja curhatan receh eke, ntr tak sambung lagi setelah melepas doi apa yang eke kerjakan

Bye..












Komentar

  1. Pasti ada jalan lain. Fightinggg!!!

    BalasHapus
  2. Faightingggg..
    Yukk kite muter2 cari lagi kii wkwkwkw

    BalasHapus
  3. Paitiiiing..πŸ’ͺ
    moga tercapai segala mimpi2mu..good luck πŸ€—πŸ€—πŸ€—
    2020bisaaaa😊

    BalasHapus
  4. Nuna faighting, demii sukses under 30 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer