benarkah yogurt baik untuk pencernaan?

Benarkah yogurt sehat karena baik untuk pencernaan ? FALSE !

Kita pernah ulas sedikit masalah ini di artikel kita : “Yogurt, probiotik, sama enggak sih?”.  Basically, yang membawa manfaat untuk pencernaan adalah probiotik yang hidup di dalam usus kita.  Oleh karena itu, yogurt yang tidak mengandung probiotik tidak bisa dikatakan baik karena membantu pencernaan.
Lalu apa manfaat dari yogurt yang tidak mengandung probiotik ?  Yogurt yang tidak mengandung probiotik tetap sehat, karena membawa semua manfaat dari susu, dan bagusnya adalah yogurt bisa dikonsumsi oleh mereka yang lactose intolerant, yaitu mereka yang tidak bisa konsumsi susu (sapi) biasa.  Maka bisa dianggap bahwa yogurt adalah versi susu yang bisa dikonsumsi oleh lebih banyak orang, termasuk yang lactose intolerant.
Claim untuk pencernaan hanya bisa dilakukan jika di dalam yogurt itu terdapat probiotik.  Dua bakteri yang umum diklasifikasikan sebagai probiotik adalah Lactobacillus Acidophilus, dan Bifidobacterium. Selain itu ada pula bakteri lain yang tidak umum, namun juga dikategorikan dalam probiotik, misalnya Lactobacillus Casei. Bila kita concern terhadap pencernaan, maka pastikan bahwa yogurt yang kita konsumsi memang mengandung probiotik, karena tanpa itu, kemungkinan besar efek ke pencernaan adalah karena sugesti :) .
Sebagai tambahan sedikit, probiotik juga mempunyai manfaat untuk kesehatan lainnya selain untuk pencernaan.  Satu manfaat yang cukup besar adalah untuk mempertahankan imunitas tubuh.  Mengapa bisa demikian ? Pada intinya:
  • Probiotik hidup dan melekat pada usus kita. Jika probiotik sudah melekat di usus kita, maka bakteri patogen, yang jelek untuk kesehatan, tidak bisa menempel dan bertumbuh di usus kita, sehingga tidak bisa beraktifitas.
  • Probiotik juga akan mengambil sumber makanan yang juga diperlukan oleh bakteri patogen, sehingga semakin banyak probiotik, maka bakteri patogen akan semakin susah untuk mendapatkan makanan untuk bertahan hidup.
  • Ada pula senyawa antimikrobial yang dihasilkan yang mempunyai efek menghambat, bahkan membunuh bakteri-bakteri patogen.

di ambil dari:http//heavenlyblush.com /blog

Komentar

Postingan Populer